Sabtu, 24 September 2011

Great of Cultury- SALSA, wonderful dance from Spain and Afrika mix


Untuk Artikel kali ini, saya akan membahas mengenai Tari Salsa, salah satu dari sejumlah tarian latin yang eksotis dan indah. 
*****






            Salsa adalah tarian yang  dilakukan secara berpasangan. Tarian ini berasal dari Spanyol. Menurut pendapat para ahli dan sejarawan musik sendiri, kata Salsa pertama kali disiarkan melalui radio yang tersyair didalam lirik lagu buatan Ignacio Piñeiro, yang ditujukan kepada seseorang pria Afrika tua, sang penjual butifarras (sejenis sosis) di Central Road, Matanzas. Lagu ini sendiri berjudul Échale salsit. Kata Salsa yang juga berasal dari bahasa Spanyol yang secara harafiah berarti saus ( inggris : “Sauce” ) yang sebetulnya merupakan sejenis saus sambal / saus pedas yang biasanya digunakan untuk makanan Amerika Latin.



            Musik yang dulu digunakan pada tarian Salsa ini adalah Cuban Son (CS), sebuah aliran dari provinsi Oriente daerah Kuba. CS mulai terbentuk pada akhir abad 19 dan mengandung perpaduan budaya Afrika serta Spanyol dilengkapi ritme dari kedua tradisi belahan dunia ini. Sedangkan instrumen yang awalnya digunakan adalah tres, bongo, clave, maracas, güiro, dan instrument yang mewakili bass ( marímbula, botija, atau contra bass ala eropa ), dilengkapi vokal yang merdu. Salah seorang penyanyi musik beraliran Salsa terbaik asal Kuba adalah Celia Cruz dan mendapatkan gelar sebagai Ratu Salsa.




            Tarian Salsa sendiri cenderung merupakan tarian ditempat dimana pasangan yang menari Salsa tidak banyak bergerak mengelilingi lantai dansa, melainkan menari pada area tertentu. Salsa ditarikan dengan irama delapan ketukan, berupa dua bar yang terdiri dari empat ketukan. Pola tarian salsa biasanya menggunakan tiga langkah pada setiap empat ketukan, satu ketukan dilewatkan. Namun ketukan yang dilewatkan pada umumnya ditandai dengan sentakan kaki, tendangan, sentilan, dan sebagainya. Biasanya musik salsa melibatkan irama perkusi yang rumit dan cepat, yakni sekitar 180 ketukan per menit. Salsa juga memiliki unsur tarian swing dan tidak memiliki peraturan yang baku, meskipun ada gaya tarian salsa tertentu yang dikenali secara umum.



Sumber
Gambar : Google

http://id.wikipedia.org/wiki/Salsa_tarian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar